Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

LAIN DARIPADA YANG LAIN, DODOL CITEKO DENGAN DAUN BAWANGNYA YANG KHAS

LAIN DARIPADA YANG LAIN, DODOL CITEKO DENGAN DAUN BAWANGNYA YANG KHAS

 

Siapa yang tak tahu dodol? Salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang manis dan legit dengan tekstur yang elastis. Ada banyak jenis dodol di Indonesia yang berasal dari berbagai daerah dengan cita rasa dan kekhasannya masing-masing. Tak terkecuali di Desa Citeko yang ada di Kabupaten Purwakarta pun juga tak mau kalah. Dodol Citeko memiliki ciri khas tersendiri cita rasanya yang manis sekaligus gurih karena terdapat daun bawang yang membedakannya dengan dodol yang lain.

Sudah ada sejak tahun 1982, salah satu produksi Dodol Citeko ini dikelola oleh Hj. Cicoh yang sudah menjadi primadona. Selain dodol, Hj. Cicoh juga membuat aneka kue basah dan kering, lapis, bolu, bibika ambon dan lain-lain yang tak kalah enak. Namun, memang Dodol Citeko inilah yang menjadi favorit dan paling banyak dipesan oleh konsumen.

Proses pembuatan Dodol Citeko ini dikerjakan selama kurang lebih lima jam. Dari pembuatan adonan hingga pengadukan di kuali yang masih menggunakan kayu bakar sampai jadi dodol yang lezat dan siap dikonsumsi. Satu kali pengadukan di kuali bisa menghasilkan sampai lima belas loyang, dimana satu loyang sendiri dibuat menjadi satu bungkus dodol yang dibanderol harga 50 ribu perbungkusnya. Dodol ini dapat bertahan selama kurang lebih 1 bulan sehingga tidak perlu khawatir bila dodol tersebut cepat basi.

Namun demikian, ada saja kendala yang dihadapi dalam produksi dodol ini. Bahan yang sulit didapat dan juga harganya yang tidak murah menjadi kendala utamanya. Meski begitu, hal tersebut tidak menyurutkan semangat Hj. Cicoh untuk terus memproduksi dan melestarikan makanan yang menjadi ciri khas Desa Citeko ini agar tetap eksis. Bagi Anda yang ingin memesan, pastikan tidak mendadak ya, paling tidak untuk dapat mengonfirmasi tiga hari sebelumnya. Atau dapat juga melalui Webdesaku di laman BUMDES yang sudah dikembangkan Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang mempermudah kita mengakses informasi dan berbelanja produk asli di setiap desa di wilayah Kabupaten Purwakarta.

 

 

~bkp113~

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler