Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SINERGITAS PRAJA IPDN DAN PERANGKAT DESA CITEKO DALAM PENYALURAN BPNT

SINERGITAS PRAJA IPDN DAN PERANGKAT DESA CITEKO DALAM PENYALURAN BPNT

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Desa Citeko dibagikan pada hari Sabtu, 9 September 2023. Perangkat desa bersama-sama dengan Praja IPDN yang tengah melaksanakan Bhakti Karya Praja ini, membagikan BPNT kepada warga dengan aman dan tertib. Melalui kegiatan ini pula, para Praja diharapkan mendapatkan pembelajaran kaitannya dengan kegiatan pemerintahan sehingga meningkatkan kualitas dan kemampuan Praja yang secara khusus akan menjadi pelayan masyarakat.

 

Seperti yang diketahui, pemberian BPNT diatur dalam PP Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai. Program BPNT ini dilakukan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan dengan menggunakan kartu elektronik yang diberikan langsung kepada rumah tangga sasaran menggunakan sistem perbankan. Kartu elektronik tersebut dapat digunakan untuk memperoleh beras, telur, dan bahan pokok lainnya sesuai harga yang berlaku di masyarakat. Sistem non tunai dalam penyaluran bantuan ini dinilai lebih efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas dan tepat administrasi. Selain itu juga dapat membuat masyarakat terbiasa menabung karena pencairan dana dapat diatur sesuai kebutuhan masing-masing rumah tangga.

 

Tidak sedikit manfaat yang diperoleh dari Bantuan Pangan Non Tunai ini. Ketahanan pangan pada rumah tangga penerima bantuan akan meningkat seiring sebagai perlindungan sosial serta kemiskinan. Akses layanan keuangan oleh masyarakat juga meningkat sehingga dapat meningkatkan pula kemampuan ekonomi yang sejalan dengan strategi nasional keuangan inklusif. Selain itu, penyaluran bantuan sosial menjadi lebih efisien serta pertumbuhan ekonomi daerah dapat ditingkatkan terutama usaha mikro dan kecil dalam bidang perdagangan.

 

Manfaat tersebut diharapkan dapat dirasakan oleh warga Desa Citeko yang menerima Bantuan Pangan Non Tunai secara khusus dan oleh Desa Citeko sendiri pada umumnya. Melalui banyak manfaat dan apa yang dapat dipelajari dari penyaluran BPNT ini pula, diharapkan para Praja IPDN mendapatkan pembelajaran mengenai pentingnya memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Pelayanan yang baik dari para aparatur pemerintahan akan membuat kesejahteraan masyarakat meningkat sehingga tujuan nasional pun dapat tercapai.

 

 

~bkp113~

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler